Sabtu, 25 April 2015

Pilihan Lain Membeli Tiket Kereta Secara Online


Tulisan ini saya buat karena rasa ke- bete - an saya terhadap pelayanan KAI, khusus-nya untuk pelayanan pembelian tiket secara online. Cerita nya saya pengen beli tiket untuk tanggal 28 April jurusan Purwokerto - Pasar Senen, tapi subhanaallah...... jangankan liat jadwal tiket yang tersedia, websitenya aja down parah.












Ayo Beli Tiket Kereta Api di Website Ini ! Dapatkan Komisi Rp.1000/transaksi tiket

Saya juga mencoba aplikasi kereta acces di android, tapi sama saja, bisa melihat jadwal tapi tidak bisa reservasi. Penasaran dengan situasi yang ada, coba ngecek di time line twitter, ehhh bener aja, banyak yang complain dengan web yang error. Jujur aja ya, saya udah bangun dari subuh dapet tiket baru siang-siang. Karena pembelian tiket online sulit, saya berniat untuk membeli di ind*maret atau alf*maret, tapi saya cek di time line twitter juga pada stuck, karena sistem nya juga down. 

Sebenarnya ada cara lain selain membeli di tiket.kereta-api.co.id (kelebihan beli tiket di web resmi pt.kai yaitu bisa memilih bangku yang diinginkan, dan membayar melalui ind*maret atau alf*maret tanpa transfer via bank) yaitu tiket.com dan padiciti.com . 

Tiket.com , saya belum pernah beli tiket di situs ini, (disini juga bisa memilih bangku) karena saya bingung dengan tata cara bayar di bank. hahahaha. Tapi saya coba beli di sini, tapi tiketnya habis.... hiks hiks



Note : Progo penuh (mahasiswa cari yang murah... hahahah)

Penuhhhhh, astaga.. padahal lihat di aplikasi kereta acces masih ada (mau reservasi tapi tidak bisa). Setelah melihat kenyataan ini (lebay), saya mecoba mencari informasi lain tentang website untuk membeli tiket online. Ehhh di twitter ada yang bicara tentang Padiciti.com . Saya mencoba liat jadwal nya... 

Note : berbeda dengan tiket.com , di padiciti.com masih ada...(bisa milih bangku juga)

Udah PUTUS ASA sama tiket.kereta-api.co.id , saya mencoba di Padiciti.com , saya belum pernah beli tiket transfer via bank, tapi untuk kali ini saya coba, karena udah PUTUS ASA di PHP-in (alah lebay) dari subuh belum juga bisa reservasi. Eh malah ada yang udah begadang dari malem,, yang sabar ya kawan seperjuangan....

Saya reservasi dan masuk tahap pembayaran, Padiciti.com menyediakan berbagai macam cara bayar, yaitu dengan melalui beberapa channel pembayaran yang tersedia, seperti ATM (ATM Bersama, ATM Finpay dan ATM Mitrapay Mandiri), Internet Banking dan Mobile Banking (Finpay), eCommerce (Mandiri Clickpay, Klikpay BCA, CIMB Clicks, ePay BRI, Mandiri Debit), Kartu Kredit (Visa, Mastercard), eWalet (tCash, XLTunai, Indosat Dompetku, MYNT, eCash Mandiri), dan Deposit.

Berbeda dengan membeli di web resmi PT KAI yang bisa bayar di ind*maret/alf*maret. Kalau di Padiciti.com dan Tiket.com tidak bisa. Padahal kalau bayar di ind*maret atau alf*maret hanya terkena biaya admin sebesar Rp 7.500 , tapi kalau bayar melalui transfer bank selain kena biaya admin Rp 7.500, ada juga biaya bank nya Rp 2.500. Total biaya tambahan jadi Rp 10.000. Payah banget ya....

Saya mencoba untuk membayar lewat ATM BCA, tata cara nya :


note : tata cara ini saya dapat dari email padiciti setelah reservasi... 

Untuk Padiciti.com, diberikan waktu selama 1 jam dan 20 menit untuk melakukan pembayaran. Waktu tersebut dihitung mulai dari user mendapatkan nomor kursi.


Sudah selesai bayar dapat bukti bayar yang dikirim via email

Nah surat ini bisa di print , lalu di tukarkan dengan tiket asli di stastiun melalui loket. Tapi bisa juga dengan hanya mencatat kode booking yang tertera di bukti pembayaran tersebut, lalu mencetak nya menjadi tiket asli dengan mesin cetak mandiri yang ada di stasiun. INGAT! PENUKARAN TIKET PALING LAMBAT 1 JAM SEBELUM KEBERANGKATAN!!! (saya pernah sih 15 menit sebelum keberangkatan, ya tapi apa salahnya kalau bisa tepat waktu).

Nah sekian curhat saya , semoga bermanfaat yaaa.. khususnya para mahasiswa yang pengennya pulang mulu... cie homesick cieee

Pelajaran yang didapat "Sesungguhnya selain tiket.kereta-api.co.id , masih ada website yang lain". 









5 komentar:

  1. Mudah banget emang kali beli tiket online ga perlu keluar rumah hehe

    BalasHapus
  2. Perasaan lewat Padiciti bisa koq bayar di Indom*ret/Alf*m*rt, tapi cara bayarnya pakai finpay. Nanti tinggal bilang ke kasir kalau mau bayar finpay online, tinggal masukin kode pembayaran yg diawali 0195, di pilihan bank lainnya.. Saya baru coba, utk biaya adm. cuma Rp.2500 saja..

    BalasHapus
  3. Pengalaman yg bermanfaat untuk kami

    BalasHapus
  4. Saya pesan online KAI Acces, memang tidak ada tambahan biaya tapi saat transfer melalui ATM ada biaya admin 7500,,,, gimana KAI menanggapi ini?

    BalasHapus

Be a good commentator . .