Selasa, 01 Oktober 2013

Pengalaman jadi anak kos





Ini tulisan pertama gue (curhat) untuk blog ini, kalau sebelum-sebelumnya gue cuma pos hal-hal tentang makalah atau pengetahuan-pengetahuan, sekarang gue mau nyoba nulis tentang pengalaman.  Kalau liat dari judul pos, ya udah pada tau kali ya ini mau ngomongin tentang kos. Banyak hal-hal baru yang gue dapet saat jauh dari orang tua. Udah langsung cerita aja kali ya.

Hari Pengumuman

Kalo pengen flash back ke masa lalu sih, hari itu bener-bener penantian. Baru kali ini seumur hidup di PHP-in sama pengumuman kelulusan. Pengumuman yang ngaret pun membuat para peserta nya gaduh. Baik facebook ataupun twitter. Gue sih biasa aja ya, ngga mikirin juga, gue malah asik buka twitter & fb, ngeliatin orang pada panas karena di PHP-in sama pengumuman. Haha
Karena cape di PHP-in pengumuman, gue lebih pilih tidur, dan buka pengumumannya besok paginya. Dan jeng jeng jeng..







Akhirnya yah sesuatu banget..

Sehari sebelum berangkat

Hari itu bener-bener repot, jujur aja, untuk persiapan berkas, persiapan kos, gue relain 3 hari makan telat (lebay yah). Gue pikir kok banyak banget yang dibawa, sempet mikir mau bawa koper doang. Barang yang di bawa ke kosan :
  • ·         Magic Jar
  • ·         Kipas
  • ·         Laptop
  • ·         Setrikaan
  • ·         Cermin
  • ·         Jam
  • ·         Baju,Handuk,Peralatan mandi
  • ·         Sepatu
  • ·         Tas
  • ·         Piring,Mangkok,Sendok, Garpu
  • ·         Cover Bed
  • ·         Bantal
  • ·         ATK


Pas liat barangnya setelah di packing, gue pikir ko banyak banget, di masukkin ke dalem mobil aja sampe kursi bagian belakang dilipat (penuh banget). Tapi mama gue masih bilang “artha, bawa galon aja sekalian, sama rak yang di belakang, buat barang-barang mu nanti”. Dan gue bilang “yah ma, kaya orang mau pindahan rumah aja”. Dan setelah gue kos gue baru menyadari bahwa gue kena karma ga nurutin kata orang tua. Di kos itu, minum harus punya galon sendiri, bener-bener semuanya sendiri, yang gue pikir mungkin ada dispenser terus barengan, ternyata oh ternyata... untungnya bapak gue nyuruh  bawa aqua sekardus, jadi ga keausan untuk sementara. Hahaha

Dan barang yang gue tambah di kosan yaitu
  • ·         Tempat sampah
  • ·         Ember
  • ·         Hanger baju
  • ·         Galon
  • ·         Pompa galon
  • ·         Alat cuci
  • ·         Dll


Inget, turutin aja kata orang tua selagi bener.

Hari pertama nge-Kos

Jujur aja, saat gue nge-kos bokap masih ada di sini (Purwokerto), karena alesannya pengen liat bagaimana  caranya gue hidup mandiri di sini. Hanya saja, bokap lebih milih tidur di hotel, dan bilang “artha jangan ikut bapak, kamu tidur di kos-an aja, bapak mau liat besok kamu masih hidup apa ngga tidur sendirian”. Emang sih kalau di rumah gue kan tidurnya bareng adek. Haha
Kesannya sih biasa aja ya, belum ada sesi nangis-nangisan ala anak kos. Gue makan, tidur, online di hp. Semuanya biasa saja.



Hari pertama di tinggal orang tua pulang ke Tangerang dan nge-kos sendirian


Waktu tetap berjalan walau engkau coba menghentikannya, itu kata orang bijak. Rencana bokap untuk temenin anaknya ospek hancur sudah, karena bokap udah cuti seminggu, dan pekerjaannya sudah manggil dari jauh. Dengan berat hati, anaknya merelakan ayahnya pergi saat dia menjalani ospek. Yap, bokap gue pulang pas gue ospek universitas, dia cuma anterin gue ke gedung penyambutan mahasiswa baru (Graha Widyatama) dan bilang “bapak pulang dulu ya, artha baik-baik di sini, makan yang banyak ya.” Bener-bener acara perpisahan yang singkat. Dan jujur, gue nangis sambil jalan ke gedung. Tapi ga lama sih, cuma 5 menit. Berhubung banyak orang juga, malu diliatin.



Saat Pertama Nangis di Kos
Saat itu baru pulang dari ospek univ. Capek juga, dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Belum lagi keluar nyari makan ke luar. Untungnya Kos-an deket rumah makan. Sebenernya, penyebab gue nangis itu emang GAJE banget. Gue nangis gara-gara susah pengen ngeluarin sambel dari plastiknya. Dan juga gara-gara makan sendirian, tanpa TV. Maklum pas itu, masih anak baru, masih takut-takutan untuk keluar. Hahaha



Pertama Kali Masak Nasi
Ini sebenernya yang paling gokil. Untungnya gue bawa Rice Cooker, jadi ga ribet. Sebelum ke Purwokerto, mama udah ngajarin sih. Padahal bokap bilang “Mah, ajarin dulu artha masak nasi, dia udah bisa belum masak nasi?” . Dan mama gue jawab “Udah biarin aja, dia makan nasi lembek, lama-lama juga belajar”. Dan dengan kejeniusan gue, gue cuma pakai feeling doang, gue berhasil masak nasi. Seneng sih. Ini namanya keberuntungan. Hahaha



Pertama Kali Nyuci Baju
Bener-bener butuh proses yang panjang untuk mutusin buat nyuci. Bukannya males ya, tapi ngeri luntur doang. Kan sayang baju bagus-bagus luntur semua gara-gara salah nyuci. Sebelum memutuskan buat nyuci, gue nanya temen, tanya terus tanya terus. Gimana nyucinya, rendemnya berapa lama, bilasnya berapa kali, pakai softener nya berapa banyak, gue yakin dia aja bosen jawab pertanyaan gue. Hahaha. Sampe kalo lagi nyuci suka di godain juga. “Cie artha nyuci,hahaha”

Udah deh itu aja yang mau gue share, alias curhat. Gue sadar bahwa masa anak-anak adalah masa-masa paling mahal. Kita hidup enak tanpa bersusah payah. Khususnya gue yang lagi merantau, merasakan banget yang namanya arti keluarga. Yang dulu gue cuek, sekarang gue rasain paitnya hidup sendirian. Masa-masa pendewasaan emang sulit bung!! Jadi nikmatilah






3 komentar:

  1. Ngekos biar mandiri. Saya yes!

    BalasHapus
  2. hallo kak, wah pengalamannya lumayan buat referensi 😂. saya juga baru diterima di unsoed jurusan agribisnis. salam kenal kak

    BalasHapus
  3. cieee artha nyuci hahaha
    waktu ngekos yang bikin gegar budaya itu sepi banget di kos, gak ada temennya, beda sama di rumah yang berisik

    BalasHapus

Be a good commentator . .