Jumat, 05 September 2014

Macam – Macam Sifat Dosen


                Jadi mahasiswa baru, berarti harus siap sama namanya dosen beserta sifat-sifat nya. Ibaratnya beli barang dengan label buy one get one. Setiap dosen pasti punya sifat tersendiri, ada yang asik ada yang ngga, ada yang bisa diajak bercanda ada yang gampang ngambek, ada yang sering banget ngasih tugas ada yang ga pernah ngasih tugas sama sekali, bermacam-macam kaya pelangi ye.  Berhubung ini blog, jadi gue pake bahasa yang non formal aja ye, biar terlihat akrab.. caelah.. Ini tulisan kedua gue untuk kategori curhat..
                Namanya mahasiswa baru pasti belum terbiasa untuk menyebut kata ‘dosen’. Kalau dosen telat, gue suka nyeplos “Eh, guru nya mana?”, nanti pasti ada aja yang bilang “dosen woy dosen, udah kuliah bro”. Kalau ditanya apa bedanya guru sama dosen, gue cuma mau jawab “dulu guru nyuapinin lo, sekarang jangankan nyuapin malah disuruh masak”, kalian pinter kalau bisa ngerti. Pas SMA gue inget banget ada satu guru yang gaya ngajarnya kaya dosen, kebetulan itu guru matematika, cuma liat buku, ceramah, nanti dikasih soal, belum diterangin cara ngerjainnya udah nuntut suruh kerjain dan harus benar. Pas dibilang “bu, soal itu belum pernah diajarin”, beliau cuma bilang “harusnya kalian cari sumber lain dong, buku banyak, internet ada, jangan cuma dari guru. SMA udah gratis masa kaya gitu aja susah.” Kalau kalian tanya tampang temen gue kaya apa saat itu, ibarat udah ngerjain tugas 50 halaman tapi ga diperiksa, ngenes.
              Ga tinggal diam, namanya juga anak SMA , ga mau kalah. Mereka demo ke kantor kepala sekolah dengan tuntutan minta ganti guru, kalaupun ga bisa seenggaknya tuh guru sadar. Berhubung guru tersebut wali kelas gue, ya kelas gue ga bisa berbuat apa-apa, kita juga punya hati bro, masa emak sendiri diaduin, kesannya ga berperasaan banget yaw.
1.  Dosen yang baik
Gue seneng yang kaya gini, menerangkan dengan jelas, friendly, datang tepat waktu, ga jutek, soal ujian pasti selalu dari apa yang diajarkan, ga pelit kasih softcopy slide, pokonya membahagiakan lah.

2. Dosen ‘kelewat’ baik
Gue ga tau harus bahagia atau ngga sama dosen tipe begini. Ga pernah kasih tugas, ga pelit kasih softcopy, suka kasih pulang cepat, udahlah ikutin aja. Inget kalo dapet yang kaya gini jangan ngelunjak, udah dikasih hati minta jantung.

3. Dosen suka ngatur-ngatur jadwal
Gue paling males nih yang kaya gini, udah ga masuk maksa minta kuliah pengganti, udah gitu ga ngeliat-ngeliat hari. Hari minggu pun jadi. Kami anak merantau, kalo hari libur aja dipake kapan kita pulangnya? 

4. Dosen ‘gabilang bilang’
Gue sebenernya paling males sama tipe ini. Kita udah cape-cape jalan kaki jauh ke kampus, dateng ke kampus nungggu lama, eh di sms dosen ga masuk. Kalau mau ga masuk bilang dari awal dong, penghabisan waktu bro.

5. Dosen suka curhat
Ada nih dosen tipe begini, pertama kasih materi 5 menit selang curhat lama banget, kebanyakan curhat, semua orang diomongin, sampai satu pertemuan ga lebih menjelaskakn 5 slide. Ckck

6. Dosen ‘electric shock’
Suka tegang sendiri nih kalau berhadapan sama yang begini nih, nanti tiba-tiba tunjuk orang suruh jawab pertanyaannya, siap-siap yang ga bisa jawab di hina.

7. Dosen kalem
Dateng tanpa suara, langsung buka laptop, jelasin materi, suara kecil, agak membosankan, terserah deh mau tidur silahkan, mau main hp silahkan, asal jangan ketahuan. Hahahaha

Cuma satu saran gue, nikmatin aja yang ada, mau dipikirin juga ga guna, yang dipikirin aja ga mikirin kita. Nikmati prosesnya dan capai tujuannya. “Proses yang sulit akan dirindukan saat kita berhasil dalam pencapaian sebagai momen terindah” –artha harianja-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Be a good commentator . .